Saturday 5 May 2018

Niat Mandi Wajib Setelah Haid Menurut Islam

Assalamualaikum Wr. Wb sobat ukhti bagaimana kabar anda saat ini semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal niat mandi besar setelah haid nih, Apakah kalian sudah merasakan dan mengalami yang nama nya haid atau biasa kita sebut dengan menstruasi. Menstruasi adalah salah satu tanda jika seseorang tersebut sudah memasuki masa baliq dimana untuk perempuan yang sudah memasuki masa baliq maka dia akan mengeluarkan darah menstruasi. Menstruasi atau sering kita sebut dengan haid ini biasanya mempunyai siklus rutin yakni datang nya setiap bulan sekali atau sering kita mengenal datang bulan.

Kenapa saya menulis tentang mandi wajib setelah haid ini ? banyak sekali yang bertanya kepada admin tentang bagaimana niat mandi wajib setelah haid menurut islam atau doa dan tatacara mandi wajib yang baik dan benar. 

Sebelum kita memasuki inti dari penjelasan ini tidak ada salah nya kita bahas mengenai haid siapa tau bisa menambah pengetahuan anda. Haid adalah yang sudah saya katakan diatas suatu najis yang bisa menghalangi untuk melakukan ibadah wajib yang harus di lakukan untuk beribadah kepadanya. 

Nah setelah perempuan selesai yang nama nya haid maka hal yang sangat wajib dilakukan adalah mandi besar, untuk mensucikan diri dari hadis keluar nya darah haid. Lantas bagaimana tata cara mandi haid yang baik dan benar yang di anjurkan oleh agama islam ? artikel cara mandi wajib haid dengan sempurna ini sangat cocok untuk anda baca. Simak uraian di bawah ini.

Berikut adalah tata cara niat mandi wajib setelah haid lengkap dengan cara cara nya.

Niat mandi wajib setelah haid menurut islam dengan benar

Sebelum masuk ke tata dan langkah langkah mandi wajib kita akan membahas bagaimana niat mandi wajib yang benar menurut ajaran islam.

Ukhti untuk anda yang baru pertama kali melakukan hal ini pastinya kurang paham dan mengetahui tentang niat mandi besar bagi wanita ini. Niat ini bisa dilakukan menggunakan bahasa arab maupun bahasa indonesia semua itu atas niat yang benar benar di tujukan dengan Lillahita'ala hanya karena Allah SWT. Di bawah ini adalah niat yang di anjurkan dalam bahasa arab.
niat mandi wajib setelah haid menurut islam
Namun jika ukhti belum lancar dalam membaca tulisan arab tersebut maka akan saya tuliskan dalam bahas indonesia.
"Nawaytul ghusla lirof’il hadatsil haydthi lillahi ta’aala"

Dimana mempunyai arti sebagai berikut : "Saya mengangkat atau menghilangkan hadast hadiz karena Allah ta'ala"

Nah setelah ukhti telah selesai belajar membaca dan memahami niat mandi wajib setelah haid maka selanjutnya akan kita bahas mengenai tata cara mandi besar.

Berikut adalah tata cara urutan mandi besar yang baik dan benar.

Tata cara urutan mandi wajib setelah haid yang baik dan benar

Niat Mandi Wajib Setelah Haid Menurut Islam
Supaya penjelasan nya lebih lengkap berikut adalah langkah langkah tata cara mandi haid secara benar menurut agama islam.

Niat sebelum mandi
Tata cara mandi besar setelah haid kali ini langkah yang pertama kalian lakukan adalah mempunyai niat, niat nya yang sudah saya tuliskan di atas ya ukhti. Dalam ajaran agama islam untuk mengucapkan niat mandi besar ini kalian bisa saja mengucapkan niat ini dengan lisan ataupun dengan bati. Dan jika ukhti tidak hafal dalam bahasa arab sebaik nya bisa menggunakan dalam arti bahasa indonesi.

Namun alangkah baik nya ukhti bisa mengatakan dalam bahasa arab sesuai ajaran dan tuntunan Rasulullah SAW.

Membersihkan kemaluan
Langkah yang kedua ukhti yang harus lakukan adalah mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian basahi dan siram badan sekilas yang paling utama adalah bagian kemaluan. Bersihkan menggunakan sabun dan sejenis nya agar kotoran yang menempel pada bagian kewanitaan anda bisa hilang dengan sempurna. Ulangi beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Berwudhu 
Selanjut nya ukhti bisa lakukan adalah mengambil air wudhu atau berwudhu, namun untuk cara ini sebenar nya adalah hal yang sunnah jika untuk kelengkapan mandi wajib. Namun menurut ajaran Rasulallah SAW, barang siapa yang berwudhu kan di ampuni dosa dosa nya.

Menyiramkan air ke seluruh tubuh
Kemudian setelah selesai melakukan cara diatas ukhti siramkan air ke seluruh bagian tubuh anda tidak terkecuali semua bagian harus terkena air seperti mandi pada umum nya. Bisa juga kalian sambil membaca niatnya mandi wajib bagi wanita.

Memakai wewangian
Setelah semua nya selesai dan urut tentang mandi wajib yang benar bagi wanita , silahkan bilas seperti habis mandi biasa jangan lupa memakai handuk dan baju setelah selesai mandi. Setelah itu di sunnah kan untuk memakai wewangian yang dimana di anjur kan oleh Rasullallah SAW, yang sangat suka dengan wewangian.

Nah ukhti di atas adalah penjelasan tentang niat mandi wajib setelah haid menurut islam dan tata cara mandi wajib yg benar bagaimana sangat mudah dan gampang dimengerti bukan ? semoga ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat bagi ukhti semua. Apa bila anda mengurangi dari langkah langkah tata cara mandi wajib di atas, dengan syarat air menyirami seluruh tubuh di sertai niat yang benar maka hal itu telah mencukupi dalam melakukan mandi wajib untuk wanita setelah haid. 
Wassallamualaikum Wr.Wb

 
Back To Top